‘Biblical Integration’ School Teacher Equipping di Sekolah Kalam Kudus Jakarta

Puji syukur kepada Tuhan, bahwa di awal tahun 2017, tim Answers Academy Indonesia mendapat kesempatan untuk memperlengkapi para guru Sekolah Kalam Kudus Jakarta, dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA.

IMG-20170106-WA0014

Tim Answers Academy Indonesia kali ini terdiri dari 6 orang, yaitu dari kiri ke kanan, Ibu Marfela Supit yang terpanggil untuk memimpin kelompok SMP, lalu Olivia dan Andrea yang bertugas mengatur segala resources AAI, Bapak Tjahyadi dan Ibu Sianni Setiawan, sepasang suami istri yang terpanggil untuk memimpin kelompok diskusi tingkat TK dan SD, dan terakhir Dicky Sudrajad yang mempimpin kelompok diskusi guru-guru SMA.

Sesi diawali dengan kebaktian yang diikuti oleh semua guru Sekolah Kalam Kudus Jakarta, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan sesi equipping oleh Bapak Daniel Suyatno. Jelas sekali terlihat bahwa Bapak Daniel, sebagai ketua program Biblical Integration, memiliki passion yang sangat besar untuk menjadikan Alkitab sebagai dasar dari proses belajar mengajar di Sekolah Kalam Kudus Jakarta. Sesi pembukaan ditutup dengan pemutaran video “Alkitab itu Benar”, yang menggambarkan bahwa bahkan jauh sebelum para ilmuwan menemukan beberapa fakta alam semesta, Alkitab sudah menuliskan tentang hal tersebut, khususnya di Kitab Ayub.

Sesi selanjutnya adalah sesi yang disampaikan kepada seluruh guru, oleh Dicky Sudrajad sebagai director Answers Academy Indonesia. Sesi yang disampaikan bertemakan “Christian School Roles and Objective” dan “7C’s Framework in Biblical Based Integration”. Dicky menyampaikan pentingnya bagi setiap sekolah Kristen untuk menyadari fungsinya sebagai Sekolah yang dibangun dari dasar Firman Tuhan, sehingga setiap pengajaran di sekolah harus sejalan dengan Firman Tuhan sebagai sumber dari segala pengetahuan dan pendidikan. Dan juga Sekolah Kristen dalam perannya bukan saja menjalankan fungsi akademik, tapi yang terutama adalah menjalankan Amanat Agung kepada setiap siswa di sekolahnya.
Gospel FoundationSelanjutnya di dalam penyampaian Injil, diperlukan adanya fondasi yang kuat, yaitu pemahaman yang benar bahwa Tuhan Yesus sebagai pencipta seluruh alam semesta dan bahwa kematian adalah akibat dari dosa. Sehingga pemahaman tentang jutaan tahun, yang bagi sebagian orang dianggap tidak terlalu penting, sebenarnya telah meruntuhkan fondasi tersebut, khususnya dengan menyatakan secara tidak langsung bahwa kematian sudah ada sebelum Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa.

Sesudah penyampaian kedua sesi tersebut, dilanjutkan dengan pembagian dalam kelompok diskusi, menurut tingkatan kelas, yaitu TK, SD, SMP dan SMA.

SKKJ - Breakout4 SKKJ - Breakout3 SKKJ - Breakout1

Dari setiap sesi setelah dibagi dalam kelompok menurut tingkatan, didapati bahwa setiap guru menyadari pentingnya Biblical Integration dalam setiap materi pengajaran mereka. Yang menjadi tantangan bagi hampir setiap guru adalah untuk implementasi pemahaman tersebut ke dalam pelajaran yang diajarkan. Beberapa guru pengajar mata pelajaran akuntansi, matematika dan bahasa inggris, menyampaikan problem yang mereka hadapi, khususnya mencari korelasi antara materi pelajaran yang mereka ajar dengan Firman Tuhan. Selain itu beberapa guru juga menyampaikan tantangan mereka untuk lebih memahami Firman Tuhan lebih dalam agar dapat memberikan jawaban pada saat murid-murid mereka bertanya tentang kebenaran Firman Tuhan.

Dari breakout session ini, tim AAI melihat pentingnya bagi setiap guru Sekolah Kristen untuk memahami bahwa Biblical Integration adalah lebih kepada membangun Biblical Worldview dalam setiap pengajaran. Bahwa segala sesuatu dalam kehidupan harus dilihat dengan pemahaman yang bersumber dari Firman Tuhan. Untuk itu tim AAI menawarkan untuk dapat datang kembali dengan membawa misi membangun Biblical Worldview setiap guru dalam bentuk ‘train the trainer’, sehingga akan dapat menghasilkan proses berantai di dalam pembentukannya.

Sesi diakhiri dengan penutupan oleh Bapak Daniel Suyatno dengan pengharapan bahwa kerja sama antara Answers Academy Indonesia dan Sekolah Kalam Kudus Jakarta akan terus berlanjut demi menanamkan fondasi iman yang kuat pada generasi muda Indonesia, sehingga Kerajaan Tuhan akan semakin diperlebar dan semakin banyak jiwa yang datang kepada-Nya.

 IMG-20170106-WA0021IMG-20170106-WA0018